Kamis, 02 Juni 2011

penanganan laptop yang terendam air


Berikut ini langkah-langkah penanganan laptop yang perlu Anda lakukan apabila laptop Anda terendam air:
1.      Apapun alasannya, jangan menghidupkan laptop, baik dengan menggunakan sumber daya listrik maupun baterai. Kemungkinan besar akan terjadi korslet dan kerusakan hardware yang sangat fatal apabila Anda nekat melakukannya.
2.      Bersihkan dan keringkan terlebih dahulu casing luar laptop dengan menggunakan kain lap kering atau busa halus.
3.      Dengan hati-hati, angkat laptop dan tiriskan air yang ada di dalamnya secara perlahan. Lakukan hingga Anda yakin tidak ada lagi air yang tersisa.
4.      Lepaskan baterai laptop. Jika basah, keringkan dengan kain lap atau busa halus, setelah itu letakkan pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup baik selama 1-2 hari hingga Anda yakin bahwa baterai telah benar-benar kering.
5.      Jika Anda mengerti cara membongkar laptop, bongkar dengan hati-hati laptop Anda dan lepaskan bagian-bagian dalamnya, seperti hard disk, CD/DVD ROM, memory card, dan sebagainya. Sama halnya dengan baterai, jika basah, keringkan dengan kain lap atau busa halus, setelah itu letakkan pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup baik selama 1-2 hari.
6.      Keringkan casing bagian dalam laptop dan jemur pada tempat yang memiliki sirkulasi udara yang cukup baik selama 1-2 hari.
7.      Pasang kembali seluruh komponen laptop yang Anda lepas, termasuk baterai. Sebelum dinyalakan, lakukan charging baterai selama 1-2 jam. Setelah itu, nyalakan laptop. Jika berjalan normal seperti biasa, berarti selamat, Anda telah sukses menyelamatkan laptop Anda dari musibah terendam air. Namun jika ada masalah sekecil apa pun, sebaiknya segera bawa laptop Anda ke toko komputer untuk diperiksa lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

Ads 468x60px

Featured Posts Coolbthemes